Beranda > Cerita, Trik > Instalasi Windows XP pada Laptop

Instalasi Windows XP pada Laptop


Suatu ketika saat menginstalasi Windows XP pada laptop yang semula sudah diinstal Windows Vista, ada sedikit masalah pada saat kita sudah masuk pada proses instalasi, ternyata error…. ada pesan muncul kalau  Hardisk tidak terdetek, Windows Setup tidak bisa dilanjutkan. Permasalahannya ternyata Harddisk yang digunakan pada laptop  menggunakan SATA, sedangkan CD XP Installer yang   digunakan belum ada tambahan untuk driver SATA sehingga perlu ditambahkan lagi driver  SATA. Ini berbeda pada Vista karena sudah dilengkapi dengan hal tersebut, makanya ketika masuk proses instalasi, XP tidak mendeteksi adanya Harddisk.

Akhirnya saya coba nanya sama mbah google, dan ketemu aplikasi N-lite. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan re-bundling Windows XP. dan bisa menambahkan opsi tertentu pada proses installasi, baik patching, drivers, dll.

Untuk mem-bundle ulang installer Windows XP, yang anda harus lakukan :

1. Siapkan Installer Windows XP, atau anda bisa copy-kan  semua file yang ada pada CD XP dan tempatkan pada folder yang sudah anda buat terlebih dahulu.

2. Driver SATA sesuai dengan spesifikasi notebook (kebetulan yang saya install Acer Aspire 4710, bisa donlot disini)
3. CD kosong.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Jalankan aplikasi N-lite, jika belum punya anda download di sini, kemudian install.
  • Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan tentukan patch installer Windows XP anda miliki, misalnya di D:\winxp-patch, atau browse ke folder yang tadi sudah anda buat-Kemudian klik Next

  • N-lite akan mendeteksi installer Windows XP anda. lalu akan muncul informasi tentang installer yang anda gunakan. Kemudian klik Next.

  • selanjutnya pilih saja yang diperlukan, karena kita hanya perlu driver, maka Menu Integrate pilih driver dan Menu create pilih Bootable ISO

  • Proses selanjutnya menentukan dimana lokasi driver SATA yang telah kita siapkan. Pada button Insert anda Pilih yang Multiple driver tentukan lokasi driver tersebut lalu OK

  • Setelah proses penentuan lokasi driver, anda bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik Next.

  • N-lite akan memproses semua perubahan task yang anda inginkan. Setelah proses selesai, N-lite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP anda setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.

  • Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA anda siap untuk disimpan menjadi ISO file atau anda juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD.

  • Tunggu sampai proses burning selesai.
  • Sekarang anda dapat melakukan installasi Windows XP pada drive SATA anda menggunakan installer yang baru anda burning.
  • Penak thooo.
  • Selamat Mencoba…

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: