Beranda > software, Trik > Membuat Enable Task Manager, Folder Option, Regedit

Membuat Enable Task Manager, Folder Option, Regedit


Ketika virus mulai menginfeksi komputer, kemungkinan besar akan menonaktifkan Task Manager (taskmgr.exe), Registry Editor (regedit.exe), Command Prompt (cmd.exe), System Configuration Utility (msconfig.exe) , konfigurasi Folder Options dan menyembunyikan Run dari Start Menu. Alasannya apakah itu adalah karena sebagian besar  bagi yang ahli komputer untuk menghapus virus adalah dengan menggunakan “program built-in Windows”  tanpa menggunakan tools dari pihak ketiga.

Tapi jika Anda tidak dapat menjalankan Task Manager, Anda tidak dapat mengakhiri proses yang mencurigakan. Anda bisa menggunakan perintah taskkill pada command prompt untuk membunuh proses tapi lagi-lagi anda tidak akan bisa melakukan itu jika CMD telah dinonaktifkan. Mungkin juga anda dapat menjalankan msconfig untuk menghentikan virus dari startup otomatis tetapi juga tidak bisa karena virus. Untuk  pengguna komputer dengan pengetahuan di registri dan   mereka berpikir bisa menghapus virus secara manual entri startup otomatis, mereka juga tidak bisa berbuat apa-apa jika regedit telah dinonaktifkan. Mendisable Folder Options juga untuk menghentikan Anda dari setting komputer Anda untuk menampilkan file tersembunyi dan sistem. Dengan cara ini Anda tidak dapat melihat file virus dan karenanya Anda tidak akan bisa menghapusnya.

Untuk mengaktifkan ulang kembali semua tool  dengan memodifikasi beberapa nilai di registri Anda, tetapi jika virus masih aktif di komputer, semua itu akan direstore kembali. Jadi untuk kasus-kasus seperti itu, berikut adalah cara yang dapat Anda gunakan :

  • Task Manager taskmgr.exe Replacement

Task Manager sangat penting karena di sini Anda bisa melihat semua proses yang berjalan dan juga jumlah memori dan penggunaan CPU. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan di sana, Anda dapat men-stop hal itu. Jika Anda tidak dapat menjalankan Task Manager dan mendapatkan pesan error “Task Manager has been disabled by your administrator”, Anda bisa coba gunakan Process Explorer. Anda bisa menyimpannya dalam flash drive USB anda, karena jenisnya portabel.

  • Registry Editor regedit.exe Replacement

Tanpa kemampuan untuk mengakses Windows registry, Anda tidak dapat secara manual membuat perubahan sama sekali. Jikapun  Anda bisa/dapat hanya impor file REG registri. Ketika virus telah menonaktifkan regedit, anda akan melihat pesan “Registry editing has been disabled by your administrator” saat Anda mencoba untuk menjalankannya. Regedit alternatif yang baik adalah RegAlyzer, dikembangkan oleh SpyBot. RegAlyzer memerlukan instalasi tetapi Anda dapat menyalin seluruh folder untuk RegAlyzer flash drive USB anda dan menjalankannya sebagai aplikasi portable.

  • Command Prompt cmd.exe Replacement

Command Prompt adalah baris perintah yang sangat  mendukung  ketika Anda menemukan mustahil untuk melakukannya pada Windows. Jika Anda mencoba untuk menjalankan cmd dan mendapatkan pesan“The command prompt has been disabled by your administrator. Press any key to continue”, Anda bisa coba gunakan GS. GS adalah pengganti cmd tetapi memang agak lama (tahun 2005). Kami tidak mencari pengganti yang permanen, sehingga cukup baik asalkan dapat mendukung beberapa baris perintah penting. Perhatikan bahwa “Console2”, adalah sebuah EXTENSION untuk command prompt. Jika cmd dinonaktifkan, Console2 tidak akan bekerja. GS tidaklah besar, gratis dan portabel.

  • Run Dialog Box Replacement

Beberapa virus juga akan  menghilangkan perintah Run dari Menu Start Anda dan tidak mudah untuk memulihkan kembali. Meskipun hal ini tidak benar-benar penting, tetapi bisa dengan mudah memungkinkan anda untuk menjalankan perintah-perintah penting. Run dialog replacement v1.0  dengan ukuran kecil, hanya 48KB dan juga portabel. Jika Anda memiliki Process Explorer, Anda juga dapat mengaksesnya dengan menjalankan perintah dari File> Run, atau tekan saja CTRL + R.

  • System Configuration Utility msconfig.exe Replacement

Msconfig adalah tempat pertama dimana yang akan pergi untuk memeriksa apakah komputer memiliki virus. Jika Anda menjalankan msconfig dan pergi ke tab Startup, akan ditampilkan daftar semua program yang akan dijalankan ketika Windows boot up. Para pembuat virus menyadari hal ini dan biasanya mereka akan menghapus file asli msconfig.exe atau mengubah lokasi referensi dalam registri. Anda akan mendapatkan pesan “Windows cannot find ‘msconfig’. Make sure you typed the name correctly, and then try again. To search for a file, click the Start button, and then click Search.” Ketika mengketik msconfig pada kotak dialog run. Salah satu alternatif yaitu dengan  msconfig Autoruns. Autoruns memiliki pengetahuan yang paling komprehensif untuk auto start-lokasi dari saat startup monitor, menunjukkan program-program apa yang dikonfigurasi untuk menjalankan sistem saat bootup atau login.

  • Enable Show hidden files and protected operating system files

Kebanyakan dari semua File Manager pada folder option adalah Show Hidden File and Folder atau Hide protected operating system files pada Windows. Jika virus masih aktif di memori, hal itu akan terus mengubah pengaturan untuk mendisable kita melihat file hidden/tersembunyi dan file sistem. Ada satu file manajer  gratis yang disebut FreeCommander yang mampu menampilkan semua file dan folder tersembunyi serta file sistem operasi yang dilindungi tidak peduli apa yang setting di Folder Options. Sebenarnya mengabaikan izin di Folder Options!  Ini portable, sehingga Anda juga dapat menyalin seluruh folder untuk diekstraksi flash drive USB anda.

dan lain-lain seperti :

  • autorun management application
  • Proccess Master
  • Sohand Removal tool
  • Files And Folders Reset attrebiutes

link downloadnya via μtorrent

  1. 12 Januari 2011 pukul 21:00

    mksih sob !

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: