Beranda > Trik > Tips Merawat Komputer

Tips Merawat Komputer


computer_repair-300x275

10 Tips Perawatan Komputer

  1. Jangan mematikan komputer Anda dengan tombol power sampai Windows telah ditutup / shut down. Satu-satunya pengecualian aturan ini adalah ketika komputer Anda terkunci dan hard drive tidak aktif (hard drive lampu tidak berkedip). Dalam situasi ini, Anda dapat menghidupkan daya tanpa efek yang berbahaya ke hard drive, yang dapat mengakibatkan hilangnya data atau Windows file, Anda hanya melakukan ini ketika anda terpaksa. Hal ini akan mencegah hard drive cacat permanen yang disebabkan oleh  head hard drive kontak dengan permukaan disk drive, dan akan mencegah sejumlah masalah pada Windows. Bila mungkin, hindari crash dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, untuk reboot komputer Anda.
  2. Saya sangat menyarankan Anda membeli sebuah UPS (uninteruptable power supply) untuk komputer Anda. Ini akan menjaga komputer Anda “crash”selama listrik padam, dan akan melindungi komputer Anda dari tegangan yang kadang rendah dan  tinggi / naik turun. (Lihat # 1 di atas untuk apa yang terjadi ketika komputer Anda crash.)
  3. Backup data Anda jika tidak ingin kehilangan segalanya. Bisa dengan menyimpan pada eksternal HD lain,  Zip disks atau CD-RW. Jangan tunggu sampai besok.
  4. Jalankan Scandisk dan Defragment setidaknya sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive anda sehat dan mencegah crash. Atau alternatif lain dengan membeli software seperti Norton Utilities dan menggunakannya untuk menjaga hard drive anda sehat.
  5. Jangan pernah mencabut peripheral / peralatan dari komputer ketika menyala. Mencabut dengan daya pendek dapat mengeluarkan konektor soket atau motherboard.
  6. Sisakan setidaknya 300 MBs  ruangan kosong pada drive C: Anda untuk digunakanWindows . Jika Anda menggunakan Windows XP atau Vista, maka anda harus memiliki  400-600 MBs ruang kosong pada drive C. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang kosong, Windows akan berjalan lambat. ADD / remove program pada Windows Control Panel untuk menghapus program yang tidak diperlukan dari drive Anda. Anda juga dapat menggunakan Cleansweep termasuk dalam Norton Utilities untuk membersihkan drive anda. Jika Anda menggunakan Cleansweep atau hard drive cleaner, jangan hapus shared file kecuali sudah anda backup dahulu, karena cleaner akan ikut menghapus semua apabila ada program lain yang menggunakan shared file tsb.
  7. Jangan menjalankan banyak program sekaligus yang akan membebani komputer ketika men-start komputer Anda. Mereka menggunakan memori berharga dan Windows Resources (Windows internal workspace). Semua program di Windows System Tray anda (di bagian kiri bawah layar Anda) yang sedang berjalan di komputer Anda. Tutup saja jika Anda tidak membutuhkannya atau menjalankan mereka dan mengkonfigurasi mereka tidak me-load ketika anda boot up. Program lain berjalan di latar belakang dapat ditemukan dengan menekan Ctrl + Alt + Delete pada waktu yang sama.
  8. Jangan menggunakan checker virus secara teratur. Setiap orang harus menggunakan virus checker untuk perlindungan dari pemantauan kontinu khusus program anti-virus seperti Norton Antivirus, atau  dengan menggunakan virus checker online gratis seperti Housecall disediakan oleh Trend Micro.
  9. Jika Anda memiliki koneksi Internet kecepatan tinggi, anda memerlukan sebuah program firewall. Sebuah program firewall membuat orang-orang yang ingin untuk membajak komputer Anda memperoleh akses ke sistem anda. Anda benar-benar tidak ingin orang lain menjalankan komputer Anda. Saya sarankan Anda menggunakan Firewall program. Firewall anda harus boot dengan komputer Anda untuk melindunginya dari invasi. Kasus dalam poin: Ketika saya online 10 jam atau lebih dengan koneksi DSL, biasanya komputer saya diserang oleh hacker setidaknya sekali. Jangan berpikir anda aman dari hacker!! Hacker menggunakan program pencarian untuk mencari komputer secara acak.
  10. Simpan disk perangkat lunak yang Anda terima dengan komputer dan peripheral baru. Dimana disk ini berisi driver dan program perangkat lunak untuk Windows dan yang dibutuhkan ketika Windows harus di install ulang. Simpan disk dan disk Perangkat lunak Windows Anda di tempat yang aman, kering, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkannya kembali.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: